Selamat Datang di Website Resmi Kwarcab Sinjai

Adminstaris Gudep

Minggu, 02 Maret 20140 komentar

Salam Pramuka..!!!
Halo Kakak-kakak semuanya, yuk lengkapi adminstarsi gudep anda dengan format yang saya bagikan dibawah ini agar kegiatan dan sarana dan prasana pramuka kalian bisa tertata dengan baik dan benar, dan khususnya bagi para pengolah administrasi keramukaan bisa jadi salah satu panduan untuk anda yang ingin mengolah Gudepnya dengan baik, lengkapi yach administrasinya seerti contoh dibawah ini:

ADMINISTRASI YANG DIPERSIAPKAN ADALAH:

a) Program Kerja Tahunan
Merupakan rencana kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan selama satu tahun. Prota ini dijabarkan menjadi 3 tahapan yang masing-masing belaku selama 4 bulan (caturwulan) Pelaksanaannya dapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang perlu didahulukan sesuai dengan kondisi tadik dan lingkungannya.
NO
Kegiatan
Bulan
Ket
1
2
3
4
b) Program Kegiatan Mingguan
Memuat runtutan kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu latihan rutin.
PROGRAM KEGIATAN MINGGUAN
hari, tanggal     :
tempat               :
NO
Kegiatan
Acara Pengganti
Keterangan
c) Buku Induk Anggota
Buku induk anggota sebagai penertiban data, memuat data diri anggota serta tingkat kecakapan anggota. Format seperti di bawah ini:
NO
NTA
NAMA ANGGOTA
AGAMA
TEMPAT, TGL LAHIR
ALAMAT
NAMA ORANG TUA
PEKERJAAN
Dilantik Tanggal
Mendapat TKK tanggal
Ramu
Rakit
Terap
1
2
3
4
5
d) Buku presensi (kehadiran)
Buku ini dipakai ketika latihan rutin, untuk mengecek kehadiran anggota di tiap regu.
Buku Kehadiran
Regu                      :
Hari, tanggal         :
NO
Nama
Jabatan dalam regu
Hadir
S
I
A
Paraf
e) Buku Iuran dan buku tabungan
Buku ini dapat disatukan dengan buku presensi.
Buku Kehadiran
Regu                      :
Hari, tanggal         :
NO
Nama
Jabatan
Hadir
S
I
A
Iuran
Tabung-an
Paraf
f) Buku Agenda Latihan
Buku Agenda memuat kegiatan yang dilaksanakan ketika latihan.
NO
Kegiatan
Waktu
Tempat
Peserta
Biaya
Ket
g) Buku Catatan Rapat (Notula)
untuk mencatat hal-hal penting ketika pertemuan, rapat, atau pengarahan dari pembina.
hari/ tanggal                 :
waktu                             :
tempat                           :
acara                              :
NO
Permasalahan
Pemecahan
Keterangan
h) Buku Inventaris
Untuk mencatat perbendaharaan benda dan peralatan Gudep.
NO
Barang
Klasifikasi
Jumlah
Keadaan (B/RR/RB)
Sumber
Ket
i) Buku Log
Buku ini mencatat peristiwa atau kegiatan penting yang terjadi di gugus depan.
NO
Tanggal
Catatan
Keterangan
j) Buku Catatan Pribadi
merupakan catatan rahasia tentang tadik yang dipegang oleh pembina.
NO
nama tadik yang teramati
Catatan
Keterangan
k) Buku Upacara Pelantikan
untuk mencatat kegiatan pelantikan.
NO
Hari, tanggal, waktu
tempat
nama terlantik
pelantikan tingkat
pembina pelantik
Ket
l) Buku Tamu
Buku ini mencatat tamu yang berkunjung ke Gugus Depan, berisikan maksud dan tujuan serta saran-saran dari tamu.
NO
Hari, tanggal, waktu
nama/ alamat
jabatan
maksud
kesan dan pesan
Ttd
m) Buku ekspedisi
Buku untuk mencatat keluar masuk surat
NO
No. Surat
Tanggal Surat
Perihal
Tujuan
paraf
ket
Dengan penertiban administrasi, diharapkan akan menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Semoga bermanfaat yach kakak
Salam Pramuka...!!!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Pramuka Kwarcab Kab. Sinjai - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger